Connect with us

Featured

Apple Raih Pertumbuhan Penjualan di India

Published

on

Apple Logo

India dalam pandangan Apple adalah pasar potensial bagi penjualan produk mereka. Penetrasi smartphone di negara tersebut mencapai tingkat pertumbuhan 48 persen pada kuartal pertama 2017. Pertumbuhannya meningkat 16% lebih tinggi dari tahun sebelumnya. Hal ini membuat negara yang berpenduduk lebih dari 1,3 miliar jiwa tersebut menjadi target pasar yang sangat potensial bagi industri smartphone.

Salah satu alasan pertumbuhan smartphone yang sangat besar adalah infrastruktur 4G yang berkembang pesat dan layanan data 4G berbiaya rendah yang diperkenalkan oleh pemimpin telekomunikasi India Reliance Jio. Kondisi ini telah mendorong naiknya permintaan akan perangkat berkemampuan 4G di negara tersebut.

Meskipun memiliki peluang pasar yang besar, Apple tetap menjadi pemain minoritas di pasar India. Disini vendor asal China masih mendominasi dengan menguasai lebih dari 50 persen penjualan smartphone. Selain itu, Samsung juga mewakili 27 persen dari semua smartphone yang terjual di negara tersebut. Saat ini, Apple hanya menempati sekitar 3 persen dari penjualan smartphone di India.

Dalam laporan keuangan fiskal Q1 yang dipublikasikan kemarin, CEO Apple -Tim Cook- mencatat bahwa Apple berhasil mencapai rekor penjualan selama kuartal 1 2017 di India, yang mana penjualan seluruh produk Apple tumbuh dua digit. “Kami terus memperkuat kehadiran kami di seluruh ekosistem  pasar lokal India dan kami sangat optimis tentang masa depan kami di negara yang luar biasa ini dengan banyak populasi muda dan teknologi yang sangat berkembang cepat, ekonomi yang tumbuh pesat dan perbaikan infrastruktur 4G yang merata”, demikian pernyataan Tim Cook.

Untuk membantu mendorong pertumbuhan pangsa pasar mereka, Apple baru-baru ini bekerja sama dengan Reliance Jio untuk menawarkan layanan 4G gratis selama satu tahun kepada pembeli iPhone 7 dan iPhone 7 Plus. Perusahaan juga berencana untuk memproduksi iPhone di India untuk mengurangi biaya pajak impor tinggi yang saat ini harus dibayar. Apabila langkah ini berhasil dilakukan, maka perangkat buatan Apple akan memiliki harga yang terjangkau di negara tersebut.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Loading...

Trending