Connect with us

Android

Google Menambahkan Dukungan Bahasa Pemrograman Swift Di OS Fuchsia

Published

on

Logo Swift
Dalam upaya untuk membuat dirinya lebih menarik bagi pengembang, Google dilaporkan menambahkan dukungan untuk bahasa pemrograman populer Apple Swift ke sistem operasi misteriusnya yang baru, “Fuchsia.”
Fuchsia sangat berbeda dengan Android dan Chrome OS, karena berjalan di atas kernel ‘Zircon’ dan bukannya Linux. Menurut kode terbaru, Google sedang bekerja menambahkan dukungan pada OS Fuchsia agar mampu menjalankan bahasa pemrograman Swift.
Swift diperkenalkan oleh Apple pada tahun 2014 sebagai pengganti bahasa pengembangan aplikasi mobile asli Apple, Objective-C. Bahasa yang disederhanakan memudahkan coders untuk membangun aplikasi dengan menawarkan bahasa yang sederhana dan sintaks yang familiar. Meskipun (sampai sekarang) terbatas pada perangkat dan komputer Apple, Swift telah dengan cepat menjadi salah satu bahasa pemrograman terpopuler di dunia. Pada bulan November 2017’TITI Indeks, yang memberi peringkat popularitas bahasa pemrograman, Swift memecahkan 20 bahasa teratas – sebuah pencapaian yang mengesankan untuk sesuatu yang baru.
Apple menggunakan kekuatan pemasarannya untuk mempromosikan bahasa tersebut. Perusahaan ini meluncurkan kurikulum pengkodean Swift yang diajarkan di perguruan tinggi di seluruh dunia. Selain Swift, OS Fuchsia juga akan mendukung Dart, bahasa C-like yang dikembangkan oleh Google, serta bahasa-bahasa lain yang ada seperti C / C ++ dan Go.
Dengan adanya dukungan untuk bahasa pemrograman Swift, pasti akan membuat OS Fuchsia menjadi platform yang lebih menarik bagi pengembang potensial, namun masih belum jelas apa yang ingin Google lakukan dengan sistem operasi ini. Mungkin saja bisa menjadi pengganti Android dan / atau Chrome OS, namun bisa juga berfungsi sebagai OS yang tersemat untuk perangkat seperti Chromecast dan Google Home, atau Google memang punya rencana yang sama sekali berbeda.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Loading...

Trending