Connect with us

App & Games Issue

WhatsApp Diam-Diam Menambahkan Enkripsi ke Backup iCloud

Published

on

WhatsApp secara diam-diam meningkatkan keamanan fitur backup iCloud untuk pengguna layanan pesannya – yang berpotensi menutup celah yang memungkinkan pesan terenkripsi end-to-end dapat diakses dalam bentuk yang mudah dibaca. Seperti melalui sebuah subpoena dari Apple, yang memegang kunci enkripsi untuk iCloud, atau oleh seorang hacker yang sebaliknya memperoleh akses ke akun iCloud pengguna WhatsApp.

Menurut laporan Forbes, raksasa Facebook tersebut menambahkan enkripsi pada backup WhatsApp iCloud pada akhir 2016, meskipun dikatakan bahwa fakta tersebut baru muncul minggu lalu setelah perusahaan pihak ketiga yang memasok alat hacking mobile dan cloud yang diklaim dapat menghindari kejahatan keamanan secara mengukur.

Perusahaan yang bersangkutan, Forensik Oksigen, mengatakan kepada Forbes bahwa solusinya hanya bekerja untuk skenario tertentu dimana ia memiliki akses ke kartu SIM dengan nomor ponsel yang sama yang digunakan WhatsApp untuk mengirim kode verifikasi untuk menghasilkan kunci enkripsi untuk cadangan iCloud.

Juru bicara WhatsApp mengkonfirmasi bahwa backup iCloud sekarang sedang dienkripsi, ia mengatakan kepada Forbes: “Ketika pengguna memback up obrolan mereka melalui WhatsApp ke iCloud, file cadangan dikirim terenkripsi.”

Tekanan politik pada enkripsi nampaknya mulai memanas lagi. Memberikan bukti kepada komite pengawasan Senat awal bulan ini, direktur FBI James Comey mengungkapkan bahwa agensi tersebut tidak dapat mengakses konten lebih dari 3.000 perangkat mobile pada paruh pertama tahun fiskal, walaupun memiliki kewenangan hukum untuk mengakses data tersebut.

FBI terlibat dalam pertempuran profil tinggi dengan Apple tahun lalu ketika mereka pergi ke pengadilan untuk mencoba memaksa perusahaan tersebut untuk melemahkan sistem keamanannya guna membantu penyidik ​​mendapatkan akses ke iPhone yang terkunci. Apple menolak dan pada akhirnya FBI membayar perusahaan pihak ketiga untuk masuk ke perangkat. Namun biro tersebut tampaknya ingin segera mengeluarkan undang-undang untuk melarang enkripsi dari saat sampai akhir (misalnya, penyedia layanan tidak memegang kunci enkripsi itu sendiri).

Menambahkan enkripsi ke backup iCloud tampaknya merupakan penguatan sikap WhatsApp bahwa privasi pengguna adalah kebutuhan utama untuk keamanan data.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Loading...

Trending