Connect with us

Featured

5 Cara Meningkatkan Daya Tahan Baterai iPhone

Published

on

iPhone merupakan sebuah smartphone yang hebat dan bagi kebanyakan dari kita, ini adalah pendamping digital yang membuat kita menjadi lebih produktif, terhubung dengan lingkungan sosial dan terhibur dengan kemampuan grafisnya yang menawan. Artinya, kita akan terus menerus memakai iPhone kita tersebut sampai kehabisan baterai saking nyamannya menggunakan gadget tersebut. Mungkin Anda telah memperhatikan beberapa masalah yang menjadi penyebab penguras baterai dengan iPhone Anda, atau mungkin Anda hanya ingin memaksimalkan jumlah daya tahan baterai yang diperoleh iPhone Anda. Apapun masalahnya, berikut adalah 5 cara yang bisa anda terapkan untuk membuat baterai iPhone Anda dapat bertahan lebih lama.

Hidupkan Mode Daya Rendah

Ilustrasi Mode Daya Rendah

Sejak iOS 9, Apple mempersenjatai miPhone dengan kemampuan yanv dapat membantu pengguna mengelola masa pakai baterainya, yaitu Mode Daya Rendah. Bila diaktifkan, mode ini akan mengurangi atau menonaktifkan aplikasi yang berjalan di latar belakang, unduhan otomatis, Night Shift, beberapa fungsi Siri, opsi pengambilan pesan, dan fitur lainnya sampai baterai terisi penuh. Akibatnya, baterai iPhone anda akan terisi penuh secara signifikan. Dalam keadaan normal, bila baterai Anda mencapai 20 persen atau lebih, iPhone Anda akan secara otomatis menanyakan apakah Anda ingin mengaktifkan fitur ini.

Sebagai alternatif, Anda dapat mengaktifkan atau menonaktifkannya secara manual dengan cara berikut:

  1. Buka Pengaturan
  2. Masuk ke pilihan Baterai
  3. Aktifkan Mode Daya Rendah

 

Jangan Aktifkan Push Email

Apakah iPhone Anda memberi tahu Anda segera setelah Anda menerima email baru? Jika demikian, Anda mungkin sudah mengaktifkan Push email. Meskipun ini adalah cara mudah untuk selalu mengeathui apa yang masuk kedalam kotak masuk email Anda, hal ini ternyata juga menghabiskan baterai perangkat Anda dengan sangat cepat.

Berikut cara mengoptimalkan baterai Anda melalui pengaturan email:

  1. Buka Pengaturan
  2. Masuk ke pilihan Mail
  3. Tap Akun anda
  4. Ketuk pilihan “Ambil data baru”
  5. Dari sini, Anda dapat menonaktifkan atau mengaktifkan Push Email

Alternatif lainnya, anda dapat mengaktifkan push email, namun cukup atur interval waktu untuk melakukan pengambilan data ke servernya. Semakin lama interval waktunya, semakin sedikit daya yang digunakan.

Matikan AirDrop

AirDrop adalah fitur praktis yang disediakan oleh Apple namun terbilang kurang dimanfaatkan. Apa itu AirDrop? Nah, ini memungkinkan Anda untuk dengan mudah dan lancar berbagi file dengan perangkat Apple lainnya, baik dengan Bluetooth atau melalui jaringan Wi-Fi. Tapi untuk semua kenyamanannya, AirDrop bisa menguras baterai Anda – terutama jika iPhone Anda berada dalam mode “mudah ditemukan”.

Untuk memperbaiki masalah pemborosan baterai potensial oleh AirDrop ini, perhatikan langkah berikut:

  1. Gesek ke atas dari bagian bawah layar Utama untuk mengakses Control Center.
  2. Ketuk AirDrop
  3. Tekan Receiving Off saat Anda tidak menggunakan fitur ini.

Hapus Aplikasi Facebook

Mungkin anda adalah tipe orang yang sangat sosial, selalu ingin terhubung dengan sahabat, kolega, dan siapapun melalui Facebook. Tapi, dibalik kemudahan yang ditawarkan media sosial Facebook tersebut, ternyata aplikasi Facebook dapat menguras isi baterai iPhone anda. Umumnya facebook akan terus melakukan auto update terhadap status, lokasi, ataupun loading video, sehingga banyak menguras baterai.

Jika Anda bersedia menukar sedikit kenyamanan untuk kinerja baterai terbaik, salah satu cara termudah adalah dengan menghapus aplikasi Facebook, dan menggunakan peramban web iPhone untuk masuk ke Facebook.

Kurangi Gerakan

Pertama kali diperkenalkan di iOS 7, Gerak Latar Belakang (Background Motion) adalah fitur kecil yang apik yang memberi sedikit kehidupan ke home screen iPhone Anda. Bila diaktifkan, efek paralaks menyebabkan ikon aplikasi dan gambar latar belakang secara halus “bergerak” pada bidang yang berbeda saat Anda memindahkan iPhone Anda. Tentu saja, meski keren, fitur ini memang berkontribusi menguras baterai. Jika Anda ingin benar-benar memaksimalkan masa pakai baterai, sebaiknya Anda menonaktifkannya. Inilah cara melakukannya:

  1. Buka Pengaturan
  2. Masuk ke pilihan “Umum”
  3. Masuk ke pilihan “Aksesibilitas”
  4. Tekan “Kurangi Gerakan”.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Loading...

Trending