Connect with us

Featured

Imagination Technologies Umumkan GPU Baru Yang Mendukung VR / AR

Published

on

Imagination Technologies, perusahaan di balik teknologi GPU PowerVR yang dipakai  di chip AX Apple, telah mengumumkan GPU pertama yang berbasis dari arsitektur Furian barunya, yaitu PowerVR Series8XT GT8525.  GPU ini membawa tambahan peningkatan yang signifikan dalam kinerja grafis mobile. Jenis kinerja yang bisa digunakan untuk perangkat-perangkat yang menggunakan teknologi AR / VR.

PowerVR GT8525 adalah inti PowerVR 8XT pertama yang diluncurkan. Hal ini didasarkan pada arsitektur Furian baru, dan membawa keuntungan dari arsitektur terkemuka …

Dua GPU ini juga memiliki Cluster yang menawarkan keseimbangan ideal antara efisiensi dan kinerja untuk banyak pasar seperti infotainment seluler dan mid-range high-end dan game STB / DTV. Semua ALU dan sub sistem yang baru memberikan kinerja dan kerapatan komputasi yang lebih baik -demikian bunyi pernyataan Imagination Technologies yang dikutip oleh MagMagz dari situs resmi mereka.

Seperti yang sudah kita ketahui sebelumnya, pada awal April lalu, keluar berita bahwa Apple tidak akan lagi menggunakan GPU PowerVR dari Imagination Technologies, sebaliknya Apple akan menggunakan GPU buatannya sendiri.

Perubahan tersebut diumumkan akan terjadi dalam dua tahun ke depan. Namun sebelum itu terjadi, GPU terbaru  PowerVR Series8XT GT8525 setidaknya dapat memberi gambaran kepada Apple untuk membatalkan niatnya membuat GPU sendiri. Arsitektur GPU Furian di PowerVR Series8XT GT8525 yang baru memungkinkan resolusi yang lebih tinggi dan  grafis yang mendalam ke dalam perangkat mobile.

Berikut perbandingan chip GPU PowerVR yang membandingkan chip baru dengan Series7XT GT7200 sebelumnya yang dirangkum oleh MagMagz dari situs resmi Imagination Technologies:

  • Lebih dari 50% peningkatan pada uji benchmark Manhattan yang menjadi standar industri, salah satu tolok ukur de facto untuk aplikasi mobile dan aplikasi lainnya, dan 80% TRex
  • Lebih dari 50% peningkatan fps pada uji benchmark Antutu – tolok ukur utama lainnya
  • 2x throughput PPC (8 piksel / jam dibandingkan dengan 4 untuk GT7200), memungkinkan resolusi yang lebih tinggi, dan kinerja tambahan untuk suku cadang penggunaan fill rate sebelumnya GFLOP
  • 50% lebih banyak GFLOP yang lebih mudah diakses, memungkinkan eksploitasi core yang lebih mudah untuk grafis dan perhitungan

Perbaikan ini mencakup kinerja berkelanjutan yang lebih tinggi dalam aplikasi VR mobile. Dengan headset AR / VR GT8525, juga akan mampu mengeluarkan resolusi yang lebih tinggi dan frame rate yang lebih tinggi dalam aplikasi.

Arah apa yang akan diambil Apple dengan augmented reality, virtual reality adalah sebuah pertanyaan yang masih harus dijawab. Menurut Imajinasi Technologies, GT8525 telah dikirim ke pelanggan “utama” mereka. Tidak jelas apakah ini GPU terbaru ini masuk ke iPhone berikutnya atau tidak mengingat rencana Apple yang lebih ingin memakai GPU buatan mereka sendiri. Penggunaan multi-faceted lingkungan 3D akan memerlukan GPU daya yang lebih tinggi, dan GT8525 baru setidaknya merupakan solusi yang tepat untuk itu.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Loading...

Trending