Connect with us

Featured

Apple Kembali Digugat Terkait Permasalahan Lisensi Grafis

Published

on

Imagination Technologies, perusahaan Inggris yang telah merancang GPU mobile Apple selama bertahun-tahun, telah memulai “prosedur penyelesaian sengketa” dengan perusahaan Cupertino atas kebuntuan lisensi.

Mengikuti berita kemarin tentang Qualcomm yang sedang mencari celah larangan impor pada iPhone sebagai bagian dari pertarungan hak patennya dengan Apple, Imagination Technologies pun kini mengajukan tuntutan formal mengenai pengaturan lisensi yang berhubungan dengan pembuatan perangkat iPhone kepada Apple.

Imagination Technologies telah mengkonfirmasi bahwa Apple akan berhenti menggunakan chip grafisnya dalam waktu dua tahun dan sebagai gantinya akan membuat chip grafis sendiri. Namun perusahaan tersebut mencurigai Apple telah mencuri kekayaan intelektualnya.

Imagination Technologies percaya bahwa akan sangat menantang untuk merancang arsitektur GPU baru dari awal tanpa melanggar hak kekayaan intelektualnya,” katanya. Imagination Technologies mengklaim bahwa ia telah meminta bukti bahwa teknologi Apple asli namun belum menerimanya.
Dikatakan pada hari Kamis bahwa pihaknya tidak dapat membuat kemajuan yang memuaskan dengan Apple dalam pengaturan komersial alternatif untuk perjanjian lisensi dan royalti saat ini dan ‘karenanya telah memulai sebuah langkah prosedur penyelesaian perselisihan berdasarkan perjanjian lisensi dengan maksud untuk mencapai kesepakatan,- demikian seperti yang dilaporkan oleh Reuters.

Perselisihan yang terjadi antara kedua perusahaan teknologi tersebut adalah mengenai desain GPU yang lisensinya diperoleh Apple dari Imagination Technologies untuk perangkat iOS-nya. Apple saat ini membayar lisensi kepada Imagination Technologies sekitar 30 sen per perangkat, namun bulan lalu Apple menginformasikan kepada Imagination Technologies bahwa mereka akan mulai menggunakan desain GPU buatannya sendiri dalam waktu dua tahun. Pada saat itu, pembayaran royalti akan berhenti. Imagination Technologies mengklaim bahwa Apple tidak akan dapat membuat perangkatnya tanpa melanggar hak paten desainnya.

Akibat dari konflik patent ini, saham perusahaan Imagination Technologies merosot sampai 70%. Apple diyakini akan mengurangi pembayaran royalti dari 30 sen menjadi 10 sen per perangkat nantinya, dan hal ini tentu akan mengakibatkan kerugian besar bagi pendapatan perusahaan asal Inggris tersebut.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Loading...

Trending