Connect with us

Featured

Qualcomm Rilis Snapdragon XR1 Khusus Perangkat VR & AR

Published

on

Qualcomm XR1 Chip For AR & VR

Dalam beberapa tahun belakangan ini perkembangan Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR) berkembang dengan pesat. Konsumen pun mulai perlahan melirik perangkat VR.Tetapi perangkat VR baik itu yang seluler maupun desktop menggunakan perangkat yang terpisah. Perangkat VR pertama bisa kita lihat Oculus Go dan Lenovo Mirage.

Headset ini menggunakan chip Qualcomm, chip yang sama dengan yang digunakan untuk perangkat seluler. Sekarang, Qualcomm baru saja mengumumkan desain baru chip mereka yang dibuat khusus untuk aplikasi VR dan AR, yaitu Snapdragon XR1. Chip ini akan diluncurkan pada akhir tahun ini.

Qualcomm memperkirakan akan ada 186 juta perangkat Realitas yang berdiri sendiri pada tahun 2023, dan mereka ingin membuat chip khusus agar dapat memaksimalkan pengalaman pengguna dari perangkat VR dan AR. Platform Snapdragon XR1 akan mendukung set fitur yang berbeda untuk headset premium dan mainstream. Perangkat yang lebih murah mungkin hanya memiliki tiga degrees-of-freedom (DoF) dan tanpa pelacakan posisi sementara. Sedangkan versi XR1yang lebih mahal bisa memiliki enam DoF, pemosisian skala ruangan, pelacakan pengontrol ultrasonik, dan pelacakan posisi sementara pengguna.

XR1 akan memiliki inti CPU Kryo dan GPU Adreno. Sementara detail spesifikasi perangkat ini belum bisa dipastikan. Headset pertama dengan chip Snapdragon XR1 bisa muncul akhir tahun ini. Kami berharap untuk mempelajari lebih lanjut tentang spesifikasi yang lebih dekat untuk rilis.

Click to comment

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Loading...

Trending