Connect with us

Featured

Sebuah Paten Baru Apple Untuk Ponsel Lipat Terungkap

Published

on

Paten IPhone Lipat

Kantor Paten & Merek Dagang AS hari ini menerbitkan aplikasi paten Apple untuk tampilan yang dapat dilipat. Ini mengikuti rumor sebelumnya bahwa perusahaan tersebut bekerja sama dengan LG mengenai iPhone yang bisa dilipat di masa depan.

Perangkat elektronik mungkin memiliki porsi fleksibel yang memungkinkan perangkat untuk dilipat. Perangkat ini nantimnya memiliki layar yang fleksibel. Layar fleksibel akan memiliki area lentur yang memungkinkan layar ditekuk di sepanjang sumbu lengkiungan saat perangkat dilipat. Paten ini menggambarkan sebuah layar yang bisa ‘dibuka dan ditutup seperti buku.

Rumor ini pertama kali keluar setahun yang lalu, ketika itu Apple dikatakan menjadi salah satu dari beberapa perusahaan yang bermitra dengan LG untuk mengembangkan perangkat dengan layar yang dapat dilipat. Sebuah laporan baru bulan lalu menunjukkan bahwa Apple berencana untuk berinvestasi di pabrik LG untuk memproduksi layar yang bisa dilipat. Kedua laporan tersebut menyebutkan sebuah panel OLED, teknologi yang saat ini digunakan di iPhone X. Permohonan paten mencakup semua basis, referensi LCD, OLED dan microLED.

“Layarnya mungkin mencakup rangkaian piksel layar yang dibentuk dari komponen LCD, rangkaian piksel tampilan elektroforesis, rangkaian piksel tampilan dioda pemancar cahaya organik, sebuah array piksel yang terbentuk dari dioda pemancar cahaya semikonduktor kristal mati atau yang kadang disebut sebagai mikro-LED, sebuah array dari piksel tampilan electrowetting, atau piksel display berdasarkan teknologi display lainnya.

Meski layar yang digunakan pada iPhone X tampil datar, sebenarnya layarnya fleksibel dengan ujungnya terselip di balik penutup kaca. Ini diperlukan untuk mencapai tampilan mendekati tanpa bezel.

Sebelumnya, Apple disarankan agar membuat iPhone yang bisa dilipat dan sudah bisa dipasarkan sekitar tahun 2021, dan sepertinya Apple akan beralih ke layar microLED ini untuk mewujudkan hal tersebut. Paten Ini menawarkan semua keunggulan OLED, diantaranya meningkatkan kecerahan, mengurangi kejenuhan dan efisiensi daya. Awal pekan ini, Apple dilaporkan bekerja sama dengan TSMC pada beberapa teknologi yang dibutuhkan untuk menggunakan panel microLED.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Loading...

Trending