Connect with us

Featured

Waspada, Mac Terinfeksi Oleh Virus Windows Yang Menyamar Sebagai Flash

Published

on

Pengguna Mac berhati-hatilah sebab Malware Windows yang terkenal dan canggih telah berhasil masuk ke macOS, dan ini bisa menginfeksi komputer Anda.

Malware backdoor – yang dikenal sebagai Snake, Turla, atau Uroburos – telah menginfeksi komputer Windows setidaknya sejak 2008. Tiga tahun yang lalu, malware ini telah diporting agar bisa masuk ke sistem Linux, dan sekarang, tampaknya juga diporting untuk menginfeksi pengguna Mac, demikian menurut sebuah Posting blog MalwareBytes yang dikutip oleh MacMagz. Malware yang sangat canggih ini, diperkirakan diciptakan oleh pemerintah Rusia, dan menurut perusahaan keamanan Fox-IT, ini digunakan untuk menyerang target tingkat tinggi seperti perusahaan besar, serta institusi militer dan pemerintah.

Versi Mac dari Makware Snake pertama kali ditemukan oleh Fox-IT dalam sebuah file bernama Install Adobe Flash Flash Player.app.zip. Ini menunjukkan bahwa, seperti kebanyakan malware lain sebelumnya, versi Mac Snake menyamar sebagai Installer Flash. Sebenarnya, aplikasi palsu benar-benar memasang Flash – namun ditandatangani dengan sertifikat Apple yang tidak sah. Sertifikat ini memungkinkannya untuk melewati Gatekeeper, pada saat mana akan meminta kata sandi sistem Anda. Dari sini, prosesnya terlihat seperti instalasi Flash biasa, namun juga akan menginstal perangkat lunak berbahaya ke komputer Anda. Setelah itu di komputer Anda, Malware Snake memungkinkan penyerang untuk mencuri data sensitif Anda – termasuk file yang tidak dienkripsi, kredensial login dan kata sandi.

Sementara banyak pengguna Mac mungkin masih percaya bahwa mereka relatif aman dari virus dan trojan, hal ini tidak lagi sepenuhnya benar. Backdoors dapat dengan mudah dilewatkan ke pengguna yang tidak menaruh curiga melalui rekayasa sosial – seperti email yang meyakinkan yang seolah-olah berasal dari departemen TI Anda, misalnya. Dan karena Malware Ular terlihat seperti Installer Adobe standar setelah dipasang, ia dapat dengan mudah tidak terdeteksi oleh pengguna biasa. Untungnya, Apple telah mencabut sertifikat yang terkait dengan Malware Ular ini, namun tetap ada kemungkinan Malware Snake kembali dengan menggunakan sertifikat Apple yang berbeda. Demikian pula, versi ini masih bisa menginfeksi mesin anda yang didownload dari sumber yang tidak terpercaya seperti kebanyakan aplikasi torrent.

Langkah-langkah Mengamankan Mac:

  • Download perangkat lunak atau file apapun dari Mac App Store atau dari pengembang tepercaya.
  • Jika Anda merasa telah terinfeksi dengan Malware Snake, download perangkat lunak antivirus (MalwareBytes sudah bisa mendeteksi dan menghapusnya).
  • Selain itu, pastikan akun Anda aman dengan mengubah kata sandi Anda atau mengaktifkan autentikasi dua faktor.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Loading...

Trending