Connect with us

Featured

ARM Rilis Processor Cortex-A76 dan Mali-G76 Untuk Pasar Laptop

Published

on

ARM Cortex-A76

ARM baru saja menambahkan processor baru ke dalam portofolio mereka, diantaranya CPU Cortex-A76, GPU Mali-G76, dan prosesor video Mali-V76 untuk menampilkan resolusi ultra-tinggi. Seperti namanya, Cortex-A76 adalah pengganti untuk Cortex-A75 yang berkinerja tinggi yang diluncurkan tahun lalu, Mali-G76 menggantikan Mali-G72, dan Mali-V76 varian processor baru untuk segmen high-end menggantikan V52 dan V61.

 

Mendesain ulang CPU

Meskipun dalam catatan rilisnya ARM mengatakan hanya melakukan sebagian perubahan kecil, kenyataannya Cortex-A76 sangat berbeda dari A75. Cortex A-76 memiliki desain mikroarsitektur berkinerja tinggi yang benar-benar baru yang dibuat dari nol oleh Arm untuk menghasilkan kinerja yang lebih tinggi daripada sebelumnya.

ARM Cortex-A76

ARM Cortex-A76

Peningkatan tersebsar dapat dirasakan ketika Cortex A-76 digunakan untuk aplikasi machine learning. Peningkatan performa bisa mencapai 400 persen berkat instruksi produk titik yang dioptimalkan. Processor ini berjalan diatas teknologi 7nm dengan tegangan 3GHz.

Selain peningkatan performa, ARM juga mengklaim Cortex A-76 menawarkan peningkatan efisiensi energi hingga 40 persen. Cortex-A76 juga telah dirancang sedemikian rupa sehingga single core dapat berjalan tanpa batas. Hal ini akan memberikan kinerja high-end yang lebih konsisten kepada perangkat ketika sedang digunakan untuk menangani pekerjaan yang memiliki beban tinggi.

 

Generasi Baru Teknologi Pemroses Grafis & Video

Mali-G76 memiliki teknologi SoCs generasi baru yang dirancang untuk meningkatkan kinerja grafis. Processor ini dibuat berdasarkan arsitektur Bifrost yang sama dengan Mali-G72 dan G52, namun menawarkan peningkatan performa sebesar 1,5x dari sebelumnya. Mali-G76 juga berjalan diatas teknologi 7nm.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Loading...

Trending