Connect with us

Featured

Google Assistant Sekarang Tersedia Untuk iOS

Published

on

Google Assistant

Asisten digital Apple -Siri- baru saja menerima penantang baru di ekosistem iOS, yaitu Google Assistant. Melalui konferensi pengembang Google I / O, raksasa teknologi asal Redmond AS itu mengkonfirmasi rumor bahwa asisten digital Google akan datang ke iOS.

Memang, tak lama setelah Google membuat pengumuman tersebut, sebuah aplikasi Google Asisten untuk iPhone muncul di App Store AS. Aplikasi ini tersedia untuk semua iPhone yang menjalankan iOS 9.1 dan yang lebih baru. Melalui aplikasi tersebut, pengguna iPhone akan dapat meminta Google Asisten untuk melakukan tugas umum seperti melakukan panggilan, mengirim teks dan email, dan memutar lagu melalui Spotify. Terlebih lagi, Google telah menambahkan kemampuan untuk mengetikkan kueri dan perintah jika mereka memilih untuk tidak membacanya.

Tentu saja, pembatasan API Apple saat ini mencegah Asisten Google untuk menjadi pengganti sejati bagi Siri. Anda tidak akan bisa mengatur alarm, misalnya, dan Anda tidak akan bisa memanggil Google Asisten melalui tombol Home. Itu mungkin akan mengurangi fungsionalitasnya, tapi Google Asisten umumnya dianggap lebih hebat daripada pesaingnya dan mampu menangani permintaan dan perintah yang rumit, demikian seperti yang dikutip oleh MacMagz dari TechCrunch. Tapi itu mungkin akan berubah di masa depan, jika rumor seputar perangkat tambahan Siri lanjutan ternyata benar. Dan Siri masih memiliki keunggulan dalam hal bahasa. Seperti yang kita ketahui, Google Asisten saat ini hanya bekerja dalam bahasa Inggris, sementara Siri saat ini sudah dapat berbicara lebih dari 20 bahasa. Seperti tak mau kalah, Google juga mengumumkan bahwa mereka akan menambahkan bahasa tambahan “akhir tahun ini.”

Asisten digital Google pada awalnya diluncurkan pada musim gugur yang lalu, namun sampai hari ini, ini hanya tersedia di Android, atau melalui platform seperti aplikasi pesan Google Home dan Google Allo. Dan kedatangannya di iPhone membuat segmen asisten digital menjadi ramai – Amazon, misalnya, meluncurkan asisten digitalnya Alexa di aplikasi belanja iOS beberapa bulan yang lalu. Namun, kecuali jika Apple melonggarkan beberapa batasan API-nya (yang pada saat ini tidak mungkin terjadi), Siri masih berada pada posisi yang baik untuk tetap menjadi asisten digital terdepan di iOS.

Asisten Google untuk iPhone sekarang tersedia untuk diunduh dari Apple App Store – meskipun awalnya hanya untuk pengguna di AS saja, namun peluncuran global akan berlangsung pada akhir tahun ini, demikian Google menambahkan.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Loading...

Trending