Connect with us

Featured

Qualcomm Hadirkan Snapdragon 845 Berkekuatan Tinggi

Published

on

Di tengah semakin ketatnya persaingan di kalangan produsen chipset mobile, Qualcomm mengembangkan sebuah chip baru yang berkekuatan besar yang membuka jalan bagi produsen smartphone untuk menghasilkan produk smartphone berkualitas tinggi di masa depan.

Pembuat chipset asal AS, Qualcomm- adalah pemimpin global untuk prosesor smartphone, yang kebanyakan fitur chip hadir di ponsel kelas atas. Misalnya, Samsung Galaxy S8 yang baru berjalan di Snapdragon 835, sementara LG G6 menawarkan Snapdragon 821.

Menurut sebuah laporan dari Android Headlines, Qualcomm sudah mengerjakan sebuah chip yang disebut ‘Snapdragon 845’, dan telah memasuki uji coba produksi. Namun, yang menarik dari laporan ini adalah klaim Qualcomm ditujukan untuk proses manufaktur super cepat 7nm.

Proses manufaktur menentukan seberapa jauh jaraknya antar transistor yang dapat dikemas pada sepotong silikon. Nomor ‘nm’ yang sering Anda lihat terkait dengan prosesor adalah jarak antara transistor. Dalam komputasi, transistor seperti saklar elektronik kecil yang memungkinkan tindakan komputasi dilakukan. Jadi semakin banyak transistor yang bisa Anda bawa ke sebuah chip, semakin banyak komputasi yang bisa Anda lakukan dalam waktu tertentu.

Chip Snapdragon 835 menjadi berita utama karena diproduksi pada proses pembuatan 10nm. Ini adalah kemenangan besar bagi Qualcomm, karena ia menawarkan langkah signifikan selama proses 14nm dan 16nm yang digunakan pada saat itu. Qualcomm mengklaim bahwa chip 10nm memungkinkan kinerja 27% lebih tinggi atau konsumsi daya hingga 40% lebih rendah.

Tapi penting untuk dicatat bahwa Qualcomm hanya merancang chip saja, dan tidak benar-benar membuat chip mereka sendiri. Untuk Snapdragon 835, Qualcomm bekerja sama dengan Samsung, yang mungkin merupakan alasan besar mengapa Galaxy S8 lebih dahulu mendapatkan Snapdragon 835 sebelum smartphone lain.

Namun, belum diketahui siapa yang akan memproduksi chip andalan Qualcomm berikutnya. Dipercaya bahwa Samsung dan Taiwan TSMC sedang dalam proses, dan yang terakhir diperkirakan telah mulai melakukan pengujian pada proses 7nm pada bulan April lalu.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Loading...

Trending