Connect with us

iOS

Microsoft Luncurkan Xamarin Live Player Untuk Pengembang iOS di PC

Published

on

Mengembangkan aplikasi untuk platform iOS kini tidak lagi memerlukan akses ke Mac, berkat sebuah program baru yang diperkenalkan oleh Microsoft yang disebut Xamarin Live Player.

Microsoft meluncurkan tools baru ini saat konferensi pengembang Build 2017-nya. Dengan Xamarin Live Player, pengembang dapat membuat aplikasi iOS langsung ke iPhone menggunakan Visual Studio di PC. Dengan adanya tools ini, untuk membuat aplikasi iOS kini pengembang tidak perlu lagi harus memiliki sebuah perangkat Mac, cukup dengan sebuah PC saja. Seperti yang sudah kita ketahui, sebelum adanya Xamarin Live Player, pengembang masih membutuhkan Mac yang menjalankan Xcode di jaringan lokal mereka.

“Cukup pasangkan perangkat Anda dengan Visual Studio dengan memindai kode QR, dan tekan debug seperti biasa,” jelas Nat Friedman dari Microsoft saat demo hari ini. “Aplikasi yang dibuat langsung dijalankan dalam hitungan detik ke aplikasi Live Player, memungkinkan Anda mengembangkan dan menguji berbagai perubahan dengan cepat tanpa harus mengkompilasi ulang dan mengalihkan aplikasi Anda. Dan Anda bisa mengatur breakpoint dan debug aplikasi Anda, baik itu melalui perangkat langsung atau melalui cloud”, lanjut Nat Friedman.

Namun, Xamarin Live Player bukanlah datang dengan tanpa kekurangan. Dalam proses pengiriman aplikasi ke App Store dan beberapa penyelesaian akhir dalam pembuatan aplikasi, anda yang menggunakan tools ini tetap masih memerlukan sebuah Mac karena App Store tidak bisa diakses diluar perangkat Apple. Namun setidaknya untuk proses penulisan kode program anda tidak lagi bergantung dengan perangkat Apple.

Salah satu kekurangan lainnya apabila anda menggunakan Xamarin Live Player untuk membuat aplikasi iOS adalah tools ini menggunakan sebuah interpreter untuk kode .NET, yang berarti aplikasi yang berjalan akan lebih lambat daripada jika Anda mengkodenya di Mac.

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Loading...

Trending